ANBK Tahun 2021

Melansir laman kemdikbud, pengertian Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan atau Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.

Asesmen Nasional ini nantinya dilaksanakan dalam tiga instrumen utama yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), survei karakter dan survei lingkungan belajar.

ANBK Pertama kali diadakan di Jenjang Sekolah Dasar di kab. Situbondo pada Tanggal 15 November Tahun 2021. untuk kegiatan ini dan dengan Sarana yang ada,  SDN 2 JATISARI melaksanakan acara ini secara Mandiri dan siswapun sangat senang dan antusias karena untuk pertamakalinya mereka dapat mengoperasikan komputer di sekolah. 

dalam jangaka hanya dua minngu untuk mempersiapkan suksesnya kegiatan ini kami segenap guru SDN 2 JATISARI Membimbing Siswa dalam megoperasikan Laptop. terutama dalam megoperasikan merbagai menu di Microsoft Word, hal ini dilakukan karena dalam simulasi pelaksanaan ada soal yang mengharusakan siswa untuk mengetik jawaban.

dalam jangka waktu yang singkat siswa mulai mahir dalam mengoperasikan laptop dan juga lumayan lancar dalam mengetik kalimat, sehingga pada kegiatan ANBK berlangsung siswa tidak ada yang kebingungan dan lancar mengerjakan soal ANBK 2021.