PEMBELAJARAN

Belajar merupakan suatu kegiatan untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Belajar juga merupakan sesuatu yang dilakukan untuk menguasai hal tertentu. Beberapa ahli berpendapat sebagai berikut:
Menurut Slameto (2010: 2), ”belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya”.
Menurut Whittaker (dalam Syaiful Bahri Djamarah, 2008: 12), “belajar dirumuskan sebagai proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman”.
pada pemebelajaran kali ini adalah pelajaran menbuat dan membacakan pidato di depan kelas, kenapa harus di depan kelas? kenpa tidak dibaca di tempat duduknya masing- masing? jawabnya adalah karena berpidato biasa dilakukan di depan umun dan halayak orang banyak. jadi tujuan kenapa pembacaan pidato harus dilakukan di hadapan siswa adalah melatih siswa agar lebih percaya diri tampil di depan teman-temannya sejak dini, agar nantinya mendapat kepercayaan diri untuk tampil di depan umum, karena pada dasarnya untuk usia anak Sekolah Dasar Biasanya masih belum percaya diri untuk tampil di depan umum