PROGRAM BIAS

*BIAS (BULAN IMUNISASI ANAK SEKOLAH*

Imunisasi adalah upaya pencegahan penyakit menular dengan memberikan “vaksin” sehingga terjadi imunitas (kekebalan) terhadap penyakit tersebut.

Manfaat imunisasi bagi bayi dan anak jauh lebih besar dibandingkan risiko efek sampingnya. Melindungi tubuh bayi / anak dari serangan dan ancaman bakteri / virus penyakit tertentu, mencegah anak dari tertular penyakit yang disebabkan oleh bakteri / virus serta meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit-penyakit tertentu dan meningkatkan status kesehatan bayi / anak yang berdampak pada kualitas tumbuh kembang dan produktivitas sumber daya manusia di masa depan.

program bias ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Jatisari Pada tanggal 19 November 2023 bekerja sama dengan puskesmas arjasa. 

BIAS dilaksanakan setiap tahunnya dengan sasaran seluruh anak-anak usia sekolah dasar SD/MI sederajat.

Sasaran pelaksanaan BIAS adalah anak kelas 1, 2, 5 dan 6. Anak kelas 1 akan mendapatkan imunisasi MR dan DT, anak kelas 2 dan 5 akan mendapatkan imunisasi Td, sedangkan anak Perempuan kelas 5 dan 6 akan mendapatkan imunisasi HPV.

Imunisasi DT (Diphteria Tetanus) adalah imunisasi yang diberikan untuk mencegah beberapa penyakit infeksi seperti difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertussis). Sedangkan imunisasi TD (Tetanus Diphteria) merupakan imunisasi lanjutan dari imunisasi DT agar anak semakin kebal dengan ketiga penyakit tersebut.

*Bolehkah memberi paracetamol setelah imunisasi?*

Jika bayi/anak mengalami gejala flu seperti pilek dan demam ringan usai imunisasi, itu menunjukkan bahwa sistem kekebalannya merespons dan membangun sel kekebalan terhadap penyakit apa pun yang telah diimunisasi kepadanya.

Oleh karena itu, sebenarnya demam ini pertanda positif, Berikan parasetamol pada Si Kecil hanya jika ia mengalami demam di atas 38.5 °C, atau jika si anak benar-benar merasakan sedang tidak enak badan. Berikan obat peringan rasa sakit seperti ibuprofen ataupun paracetamol, meski tetap harus disesuaikan dengan resep dari dokter/petugas.